Gejala dan Obat untuk Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau biasa disebut maag adalah suatu gejala dimana lambung terkena luka atau peradangan. Tergantung juga pada keluhan si penderita. Biasanya menyebabkan mules dan perih pada perut. Bisa saja penyakit tersebut menyebabkan kondisi fisik si penderita menjadi menurun.

Gejala

Kebanyakan dari kita yang belum sepenuhnya mengetahui gejala-gejala sakit maag. Rasa Perih dalam lambung/pada ulu hati merupakan sesuatu yang sering disebut sebagai sakit maag. Kenyataannya, gejala sakit mag tersebut tidak harus terasa perih dulu. Rasa tidak nyaman pada lambung/ulu hati yang disertai dengan mual/kembung dan sering sendawa atau cepat terasa kenyang juga merupakan hal dari gejala sakit maag.

Penyakit refluks gastroesofageal menurut definisi pasa konsensus nasional adalah kelainan yang disebabkan cairan lambung mengalami refluks (mengalir balik) ke kerongkongan dan menimbulkan gejala khas seperti rasa terbakar pada dada, terkadang disertai rasa nyeri dan gejala lain seperti rasa asam dan pahit di lidah, nyeri ulu hati, perut kembung, sering bersendawa, serta kesulitan menelan. Menurut dr Ari Fahrial Syam SpPD MMB, pada awalnya gangguan ini dikriteriakan sebagai gangguan terhadap lambung. Namun dalam perkembangannya, GERD menjadi penyakit tersendiri, yaitu gangguan pada kerongkongan dengan kriteria, pemeriksaan, dan pengobatan tersendiri.

Pengobatan

Cara makan termasuk menjadi penentu dari timbulnya penyakit asam lambung. Jika Anda mengalami diare yang diikuti dengan rasa nyeri pada perut, pada umumnya Anda diharapkan untuk menghindari makanan yang bisa menimbulkan iritasi seperti alkohol, kafein dan makanan yang banyak bumbunya. Anda juga harus mengurangi konsumsi terhadap makanan mentah dan dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dalam kaleng atau yang telah dikupas kulitnya serta sayur-sayuran yang telah diolah. Hindarilah juga sari buah-buahan yang berkonsentrasi tinggi atau makanan yang dapat menimbulkan iritasi seperti sari jeruk.

Cara mengunyah lebih kerap/sering dan lebih lama mampu mengurangi kemungkinan kembung? Ternyata pada penelitian mengunyah lebih lama itu bukan hal utama diarenakan supaya makanan menjadi lebih lumat (bubur sudah lumat) melainkan untuk memberikan kesempatan agar bertambahnya volume air liur ke dalam makanan tersebut. Ternyata dalam ludah manusia terdapat berbagai jenis enzyme seperti lipase, lisozim, amylase, mukosa, elektrolit dan bakterisida.

Lidah buaya yang berdaging dan menghasilkankan cairan pahit sangat baik digunakan sebagai penyembuh luka dan kondisi kulit. Jus lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pengobatan untuk gangguan pencernaan. Lidah buaya mengandung elemen kunci seperti aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida. Selain itu, lidah buaya juga menawarkan 19 asam amino, 20 mineral dan 12 vitamin yang penting bagi kesehatan.

American Chronicle mengatakan bahwa lidah buaya mengandung asam amino, metionin, treonin, serin dan molibdenum, yang bekerja sama untuk detoksifikasi logam berat dan bantuan tambahan pada metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Hal ini supaya mencegah penumpukkan lemak di hati dan pembuluh darah arteri.

Jus lidah buaya bermanfaat sebagai antimikroba dan menyembuhkan lapisan saluran pencernaan. Juga bisa mengurangi peradangan, tukak lambung disebabkan oleh asam, alkohol, aspirin dan obat lain. Selain itu, Journal of the American Osteopathic Society menyatakan bahwa efektivitas lidah buaya sebagai penyembuhan tukak lambung disebabkan karena kemampuannya untuk merangsang pelepasan pepsin, yaitu enzim lambung yang mendukung sistem pencernaan. Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures menyarankan untuk minum seperempat cangkir jus lidah buaya tiga kali sehari untuk dapat menyembuhkan maag.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s