Jika kita memiliki anak sebaiknya kita tidak menunjukan cinta dengan cara yang salah karena dapat memberikan efek yang tidak baik di masa depan. Walaupun kita mencintai anak kita, tetap kita harus bijak dalam menunjukkan rasa cinta itu kepada anak-anak kita. Rasa sayang yang berlebihan dapat membuat anak menjadi manja, gampang rewel, selalu menuntut, matre, dan lain-lain.
Beberapa Cara Tepat Memberi Rasa Cinta Yang Baik Pada Anak :
 
1. Pastikan cinta yang kita berikan adil kepada setiap anak-anak kita serta kepada anggota keluarga lain secara proporsional dan wajar. Jika tidak adil maka anak bisa menuntut keadilan dan kecewa pada orangtuanya.
 
2. Pastikan kita memberi sejumlah waktu kita untuk bersama dengan anak-anak di rumah kita tanpa diganggu orang lain dan pekerjaan kantor untuk melakukan aktivitas yang baik. Sesibuk apapun kita tetap wajib memberikan kebutuhan sosialisasi pada anak kita, karena mereka butuh kasih sayang dari ayah dan ibu mereka.
 
3. Berikan sentuhan-sentuhan fisik wajar kepada anak selama mereka tidak risih seperti pelukan, ciuman, dekapan, usapan, cubitan, kelitikan, tepukan, dan lain-lain. Sentuhan fisik juga bisa didapat dari melakukan aktivitas bersama anak.
 
4. Jaga perkataan kita yang kita ucapkan kepada anak. Jangan sampai anak merasa dibenci orang tua karena salah cara mengucap atau memilih kata-kata. Hindari marah emosional yang tidak terkendali pada anak. Gunakan bahasa yang positif dengan emosi yang baik walaupun si kecil melakukan kesalahan yang embuat kita marah. Biasakan memberi pujian yang wajar jika anak kita melakukan sesuatu yang baik.
 
5. Berikan sesuatu yang anak kita butuhkan selama wajar dan tidak membuat efek yang buruk pada anak, baik yang bersifat materi dan pelayanan. Jangan memberikan apa saja yang diminta anak, tetapi selektif memilih permintaan yang baik-baik saja. Berikan hadiah di saat-saat tepat tertentu dan juga untuk memberi motivasi anak yang ke arah yang lebih baik. Jangan terlalu sering memberi materi pada anak yang dia inginkan. Buatlah alasan yang logis dan baik saat menolak permintaannya.
 
Selamat mencoba, semoga sukses, terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s