Info: Tips Mudik Menyenangkan

Lebaran yuk lebaran….Namanya Lebaran biasanya kesempatan yang istimewa bagi kita untuk bersilaturahmi, saling mengunjungi antar tetangga ataupun saudara. Nah…bagi yang tinggal diperantauan biasanya ada tradisi mengunjungi saudara di kampung halaman alias mudik. Untuk menghindari kerepotan bagi Anda yang memutuskan mudik, berikut kami sampaikan beberapa tips:

Transportasi
Untuk mudik tentunya Anda membutuhkan transportasi. Dalam hal ini yang pertama harus Anda persiapakan adalah memutuskan apakah akan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.
Bagi Anda yang memilih melakukan perjalanan dengan kendaraan umum seperti bis malam atau bis pariwisata, sebaiknya segera memesan tiket jauh-jauh hari, setidaknya dua minggu sebelum hari H, kerena biasanya begitu mendekati Lebaran harga tiket melambung dua kali lipat, apalagi kalau sudah berurusan dengan calo.
Untuk pemesanan tiket bus Po.Harapan Jaya sebisa mungkin 1 bulan sampai 2 minggu sebelum lebaran. Karena kalau tidak, bisa-bisa kehabisan lho.. Dan usahain menggunakan jasa kantor/perwakilan/agen tiket kami yang resmi, agar harga bisa standart dari pusat (tidak kena pungli). Tarif harga hari tersebut bakal ditempel di bus atau bisa tanya langsung ke berbagai layanan info yang kami sediakan. Dan apabila ada kantor/perwakilan/agen yang nakal bisa langsung diinformasikan ke kantor pusat (0355)323315,327576 dengan Ibu Alvi atau Ibu Nur.
Siapkan Anggaran
Yang namanya mudik, biasanya membutuhkan dana lebih dari perkiraan. Nah…alangkah lebih baiknya jika Anda mempersiapkan keuangan. Jangan mentang-mentang dapat THR lantas membelanjakan semuanya, belilah yang betul-betul Anda butuhkan, ingat…. karena Lebaran kali ini jatuh di tengah bulan, setelah lebaran masih harus menunggu setengah bulan lagi terima gaji. Sebaiknya buat daftar kebutuhan Anda, untuk transportasi pulang-pergi, kebutuhan di kampung halaman dan hal-hal lain yang tak terduga, dan pikirkan juga anggaran untuk setengah bulan ke depan.
Siapkan Bekal Sendiri
Melakukan perjalanan jauh pastinya Anda juga membutuhkan energi ekstra. Membawa bekal sendiri untuk berjaga-jaga sangatlah tepat. Buah-buahan bisa jadi bekal yang bagus untuk perjalanan panjang, selain serat yang mengenyangkan, buah juga menyediakan energi dan sejumlah gizi antioksidan sebagai penangkal kelelahan. Pilihlah buah yang praktis dan tidak repot memakannya.
Anda bisa juga membawa Snack, bahan-bahan sandwich atau burger atau roti tawar dan sejenisnya. Kalau dalam perjalanan Anda terjebak macet, dengan membawa bekal sendiri tak perlu repot dan sakit akibat menahan lapar. Jangan lupa bawa serta obat-obatan sendiri, untuk persiapan di perjalanan.
Siapkan Uang Tunai Secukupnya
Walau Anda memiliki ATM, tapi uang tunai tetap dibutuhkan, tapi sebaiknya bawa uang tunai secukupnya. Untuk menghindari copet, simpan di tempat yang berbeda.
Siapkan Peralatan pendukung
Bawalah ponsel anda untuk mempermudah komunikasi dan proses penjemputan. Selain ponsel, banyak peralatan pendukung yang tidak boleh terlewatkan. Antara lain pakaian, selimut, jaket, peralatan mandi dan berhias, dan lain sebagainya. Peralatan yang dibawa pun secukupnya saja. Jangan berlebihan, bisa-bisa tidak jadi nikmat berlebaran tapi pusing karena barang bawaan.(mf)
—— Sekian, tips-tips dari PO.Harapan Jaya semoga bermanfaat bagi perjalanan Anda —-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s